Sunday, June 1, 2008

Mimpi tentang Bumi

Jumat sore, adalah bukan kebetulan jika aku bisa berada di Lembah Hijau Multifarm. Lokasinya di Desa Triyagan, Mojolaban, Sukoharjo. Lebih mudah kalo aku menyebutnya dari Solo ke arah Tawangmangu, pertigaan Palur, masih ke timur sekitar 1 kilometer, di depan pasar Jaten, belok kanan masuk jalan kecil, 600 meter, belok kanan lagi. Nyampe deh..!

Aku awalnya sekedar jalan-jalan saja, memanfaatkan waktu sebelum "libur" akhir pekan yang sebenarnya. Berbekal informasi bahwa ada yang menjual susu segar, aku mencoba menyusuri "susu" tersebut. (Oya.. aku penggemar susu, laktosaholic, eh apa pun namanya. Yang jelas, jika dalam satu hari aku tidak mengkonsumsi susu, aku bisa "sakaw", rasanya perut keroncongan sehari penuh, sugesti bahwa aku akan menjadi kurus kering bisa muncul di benakku... aneh..).

Apa yang aku temukan? Lebih dari sekedar susu!
Di Lembah Hijau, aku menyaksikan peternakan dan pertanian terpadu. Selain pasti menghasilkan produk pertanian dan peternakan, konsep ke depannya, bisa zero waste.
Tai-nya (kotoran-eek) sapi-sapi diolah menjadi kompos. Kompos bisa menyuburkan tanaman dan padi. Batang padi sisa panen yang sudah difermentasi untuk pakan sapi. Begitu seterusnya.

Wah, jika saat ini semua orang di bumi ini bisa konsisten menerapkan konsep zero waste, bumi yang sekarang kita pinjam dari anak-cucu kita, tidak perlu dipenuhi sampah yang menutupi permukaannya. Anak cucu generasi mendatang yang kini belum lahir, yang dari merekalah bumi ini kita pinjam, pasti akan senang menerima bumi mereka untuk kehidupannya kelak.

Hei..ingat! Bumi ini bukan bumi milik kita yang bisa kita wariskan ke anak cucu kita. Bumi ini justru bumi milik anak cucu kita generasi yang akan datang, bumi inilah yang sekarang kita pinjam dari mereka.

Mimpikah ini?
Semoga bukan mimpi.

No comments: