Monday, June 2, 2008

Silaturahmi

Mancari tempat duduk di kereta Prameks IV pagi menjadi aktivitas rutin tiap senin di Stasiun Tugu. Tentu saja aku berharap mendapatkan kenyamanan selama perjalanan dari Jogja ke Solo. Sebagai kaum komuter, aku berusaha menikmati setiap perjalananku. Membaca buku, mengamati perilaku orang, dan ngobrol adalah hal yang sering aku lakukan di Prameks (selain tidur, tentu saja).

Pagi tadi, "kebetulan" terjadi lagi. Kebetulan ada seorang gadis yang menyapa, "Mbak-nya yang kemarin ke Lembah Hijau ya?". "Lho kok tau?" pertanyaan tersebut kujawab dengan pertanyaan. Ternyata Mbak Pipit, nama gadis tersebut adalah dokter hewan di Lembah Hijau Multifarm. Ceritanya jadi nyambung deh! Bukan hanya bercerita tentang sapi-sapi yang setiap hari di-gaul-i Mbak Pipit, ceritanya melebar. Dari hal ini aku jadi merasa "dunia ternyata sempit" ya. Silaturahmi jadi nyambung.

Kejadian seperti ini sebenarnya bukan yang kali pertama. Sering aku menyambung silaturahmi dengan beberapa orang yang dulunya "tidak kenal", hingga kenal, kenal sangat baik, bisa saling tau, saling tukar informasi dan pada tahapan tertentu bisa saling memahami. Mungkin orang "bule" menyebut perlunya net work untuk bisa mendapatkan atau mencapai sesuatu dalam bisnisnya. Tetapi, berdasarkan pengalamanku, aku sering sekali mendapat berbagai kemudahan kerena hubungan silaturahmi yang baik (tentu saja: secara kuantitas dan kualitas). Beberapa pekerjaan, aktivitas, ilmu, bahkan rejeki (orang suka menyebutnya penghasilan: uang, harta dan sebagainya) yang aku terima, jalannya atau salurannya adalah melalui silaturahmi yang baik.

Aku percaya, Allah yang memberi rejeki, dan rejeki tersebut tidak bisa diduga dari mana datangnya. Aku percaya, silaturahmi adalah salah satunya.

Senyum, dan sambung silaturahmi yuuuk....

No comments: