Tuesday, May 20, 2008

Arti Kebangkitan

Apa arti kebangkitan bagiku? Aku mengajukan pertanyaan ini bukan sekedar meramaikan kemeriahan semangat “100 Tahun Kebangkitan Nasional” 20 Mei 2008. Aku justru bertanya “pada diriku sendiri” arti kebangkitan bagiku?


Banyak sekali retorika yang mengungkap kebangkitan, dengan segala formula yang beragam. Banyak pilihan yang ditawarkan untuk merenungkan arti kebangkitan. Tapi, bagaimana formula tersebut bisa berlaku untukku?


Aku yang pemimpi memaknai kebangkitan ketika aku terbangun dari tidur dan mimpiku. Mimpi buruk harus kuhapus saat aku terbangun. Mimpi indah akan aku gapai dalam kenyataan di rentetan perjalanan hidupku. Kebangkitan bagiku adalah juga saat aku terbangun dari kegagalan dalam menggapai mimpi. Aku tak akan membiarkan diriku dalam keterpurukan. Walaupun terkadang ada buliran air mata di atas duka dan luka. Sang waktu akan bergulir cepat menghapus air mataku, dan memberikan harapan baru. Mimpi di depan mata kembali terbentang, dan jalan untuk menggapainya semakin terang.


20 Mei 2008, harapan baru, bangkit dan berbuat menjadi manusia yang lebih baik.

No comments: